Senin, 07 Januari 2013

Wanita-Wanita Terkaya di Amerika Serikat

Selama ini laki-laki selalu merajai peringkat di daftar Forbes menjadi orang paling kaya sedunia, wanita pun juga bisa. Dalam daftar 400 orang terkaya di Amerika versi Forbes di 2012 ini, setidaknya ada 45 wanita yang masuk dalam jajaran ini.

Dilansir dari Forbes, Kamis (20/9/2012), dari 45 wanita-wanita kaya di Amerika Serikat (AS), 20 daftar wanita paling atas ini diestimasikan kekayaannya sebesar USD160 miliar. Angka ini bahkan melampaui produk domestik bruto (PDB) negara Selandia Baru.

Kekayaan yang diperoleh mereka ini dimulai dari bisnis mereka yang berekspansi di negara tersebut, seperti dari Texas ke Wisconsin dan California. Sebagian lagi mempertahankan kekayaannya dari perusahaan yang sudah dibangun atau diwariskan.

Namun demikian, tidak peduli bagaimana cara mereka mengumpulkan kekayaannya, tak disangkal wanita-wanita ini menjadi kekuatan Amerika dan sepertinya akan tetap berada di posisi puncak "rantai makanan" untuk tahun-tahun mendatang. Berikut 10 wanita-wanita terkaya di AS ini.

1. Christy Walton.Nilai kekayaannya sebesar USD27,9 miliar yang bersumber dari Wal-Mart. Di umurnya yang ke-57, dia menempati posisi ke-6 dalam daftar 400 orang terkaya di AS. Wanita terkaya di dunia ini memegang sebagian besar kekayaannya di Wal-Mart yang didirikan ayah mertuanya Sam Walton pada 1962.

2. Alice Walton.Kekayaannya sebesar USD26,3 miliar yang datang dari Wal-Mart. Usianya menginjak 63 tahun, dan berada di posisi delapan dari 400 orang terkaya di AS. Dia adalah putri dari pendiri Wal-Mart Sam Walton dan juga seorang filantropi. Tahun lalu, dia membuka Crystal Bridges Museum of American Art di kota Bentonville, Arkansas, tempat Wal-Mart bermarkas.

3. Jacqueline Mars.Dia berusia 72 tahun dan menempati posisi ke-16. Sumber kekayaannya sebesar USD17 miliar berasal dari Mars, sebuah perusahaan permen yang terkenal di seluruh dunia. Mars dan saudaranya John dan Forrest Jr membukukan penjualan permen cokelat sebesar USD33 miliar.

4. Abigail Johnson.Berada di peringkat 27, nilai kekayaannya mencapai USD11,8 miliar. Sumber kesejahteraannya berasal dari perusahaan Fidelity Financial Services. Perusahaan ini didirikan oleh kakeknya pada 1946.

5. Laurene Powell Jobs.Janda dari Steve Jobs memiliki kekayaan sebesar USD11 miliar. Selain mendapat pemasukan dari Apple, dia juga meraihnya dari Disney. Laurene mewarisi kekayaan sang suami serta langsung menempati posisi 28. Hal ini menjadikan dirinya sebagai wanita paling kaya di Sillicon Valley.

6. Anne Cox Chambers.Cox Enterprises masih dipegangnya kendati usianya sudah mencapai 92 tahun. Dengan kekayaannya sebesar USD10,7 miliar, Chambers menduduki peringkat 32. Dia memiliki beberapa perusahaan seperti Cox Communications, Cox Media Group, dan AutoTrader.com.

7. Blair Parry-Okeden.Cucu dari sang pemilik Cox Enterprises ini mempunyai kekayaan sebesar USD5,4 miliar. Dirinya memiliki saham sebesar 25 persen di perusahaan tersebut, yang memiliki pendapatan nyaris mencapai USD15 miliar.

8. Dannine Avara.Avara menjadi salah satu dari empat anak yang mewarisi kekayaan dari pengusaha pipa energi, Dan Duncan. Kekayaannya mencapai USD4,7 miliar yang berasal dari Enterprise Products Partners.

9. Milane Frantz.
Dia juga merupakan salah satu anak Dan Duncan. Setelah Avara, dia mengantongi kekayaan sebesar USD4,7 miliar dan berada di posisi ke-72.

10. Randa Williams.
Kekayaannya setara dengan kedua saudaranya yakni sebesar USD4,7 miliar. Williams merupakan anak tertua Dan Duncan yang berusia 51 tahun. (ade)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar