Senin, 07 Januari 2013

Cara-cara Marketing yang Unik dan Kreatif

Ide-ide marketing,
Marketing is Bullshit , without creativity, Ippho Santosa , Tung Desem Waringin

Tolong diadaptasi dulu sebelum diadopsi,
1. Karangan Bunga . Misal, buka toko baru, maka pesanlah minimal 10 karangan bunga, biar orang lihat dan kesannya wah. Caranya : ajaklah teman-teman anda sesama marketer untuk patungan, dengan demikian mereka berhak memakai karangan bunga itu sewaktu-waktu, oleh karenanya dibuatlah karangan bunga dari bunga plastik atau kertas.

2. Lemming Effect. Bisnis yang ramai makin ramai, bisnis yang sepi makin sepi. Misal baru buka bengkel baru, ajak teman saudara yang nganggur nongkrong, dan motor atau mobilnya parkir, dan buat kesibukan seolah-olah kayak bengkel yang ramai dan sudah berjalan bertahun-tahun.

3. Klien Pertama. Misal anda pemilik Mama Laundry, yang fokus pada pasar korporate. Sekiranya usaha ini baru dibuka, adakah yang mau menjadi kliennya ? Hampir-hampir tidak ada kan ? Maka tawarkan jasa anda pada tiga perusahaan terkenal semisal, Novotel, Astra, Rumah Sakit . Terus desak mereka menjadi klien anda, kalau perlu kasih gratis. ( Gratisnya cukup sekali saja ). Setelah itu anda berhak membuat brosur atau iklan dengan embel-embel "Novotel, Asta dan Rumah Sakit adalah beberapa perusahaan yang pernah memakai jasa Mama Laundry " Lha siapa yang tidak percaya. he he he :)

4. SMS Request. Misal anda punya Cafe MakNyus. Kirim SMS request ke stasiun radio yang sedang ngadain request lagu via SMS, dan ketiklah SMS yang bunyinya kurang lebih " Minta lagu Sewu Kutho dari Didikempot buat Mbak Laras yang sering nongkrong di cafe MakNyus. Pesan buat mbak Laras, nongkrongnya jangan lama-lama dong, Mentang-mentang kue-kue disana enak-enak ama intrenetan gratis, entar uang jajannya abis lho. " Nggak penting lagu Sewu Kutho, atau mbak Laras, nah dengan biaya hampir nol rupiah ribuan orang dikota anda tahu Cafe MakNyus.

5.Konter Informasi. Bikin informasi " Pak Samsi dari Putri Catering harap ke konter informasi , ada pesanan nasi kotak dari DPRD "

6.Bisikan Pelanggan, membisiki calon kustomer tolo orang lain " Bapak suka main tennis ya ? Wah sama dengan saya. Ngomong-ngomong ada toko olahraga baru lho, Namanya Blabla ( padahal toko anda), kebetulan saya sering kesana, barangnya bagus-bagus lho. Udah begitu murah lagi "

7.Titip Nama, saat gabung di millis, seminar, memberi testimoni jangan lupa Titip Nama usaha anda

8. Sisip Nomor, buat stiker tentang nomor-nomor penting dan sisipkan Nomor usaha anda

9. Foto Tokoh, kalau ada tokoh mampir, minta foto bareng. Numpang tenar adalah cara cepat promosi. Jadi inget pas mampir di warung soto sokaraja, jl bank purwokerto, banyak banget fototokohnya. Ini warung soto atau foto studio, but it's good marketing.

10. ATM, Amati Tiru dan Modivikasi, ada AA Gym dan AA Jimi ( numpang tenar) , Ada KFC dan HFC ayam krispi harga kaki 5 rasa bintang 5 ( franchise ) , Indomie di tempel sama Mie Sedaap ( bungkus dan desainnya mirip 90 %, cuman namanya aja yang beda)

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar